Tentang KH Syarif (2)
Ahlussunnah (3)
Artikel (5)
Beli Buku (5)
Beli DVD Ceramah (6)
Buletin Qum (142)
Cerpen (1)
Daftar Donatur (2)
English Course (2)
Entertainment (2)
Iklan (8)
Ilmu Hikmah (0)
Info Guru (23)
Info Banten (1)
Info Lowongan (0)
Info MA (13)
Info MTs (5)
Info Nasional (23)
Info Pesantren (30)
Info Sisiwa (14)
Info Tangsel (6)
Info TK (1)
Info TPA/Q (1)
Iptek (13)
kabar kampung (3)
Kajian Hadits (3)
Karya KH. Syarif (6)
Kitab Nadzoman (4)
Kolom Alumni (8)
Kolom Guru (0)
Kolom KAMAD (6)
Kolom OSIS (2)
Kolom Pengasuh (22)
Kreatifitas Siswa (0)
Madzahib (1)
Music (0)
Olahraga (1)
Pendidikan (13)
Politik (1)
Puisi (2)
Resensi Buku (1)
Sejarah (1)
Software (1)
Studi Aliran (6)
Studi Tokoh (6)
Study Naskah (9)
Tafsir (1)
Tahfidzul Qur'an (1)
Ulama Nusantara (5)
Ulum al Qur'an (1)





















• 24 Desember 2011
Libur Akhir Semester Ganjil 2011

• 23 Desember 2011
Pembagian Raport MTs & Ma

• 02 Desember 2011
UAS MTs , MA dan Pondok Pesantren

• 22 Agustus 2011
Libur 'Idul Fitri 1432 H


Beranda » Buletin Qum » LEBIH AWAL MANUSIA ATAU DINOSAURUS?

Sabtu, 03 November 2012 - 11:09:58 WIB
LEBIH AWAL MANUSIA ATAU DINOSAURUS?
Diposting oleh : Dzu Al Qornaen
Kategori: Buletin Qum - Dibaca: 634 kali

Pertanyaan: Duluan mana Dino sama Nabi Adam? Pas meteor menghantam bumi, Nabi Adamnya ke mana? Aku nanya ke ust….tentang Dino, mereka bilang Dinosaurus itu gak ada alias Cuma hayalan manusia aja. Tapi yah Ustadz, kalau misal nyata kok banyak ditemuin kerangka kerangka dino sih ya. Apa itu buatan orang2 Amrik aja ato gimana sih ustad? (Nina)

Jawaban:

 

1.      Sesungguhnya manusia adalah “Produk Akhir” keseluruhan ciptan Allah. Muslim meriwayatkan dalam Shahihnya:

 

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ أَخَذَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِيَدِى فَقَالَ « خَلَقَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ التُّرْبَةَ يَوْمَ السَّبْتِ وَخَلَقَ فِيهَا الْجِبَالَ يَوْمَ الأَحَدِ وَخَلَقَ الشَّجَرَ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَخَلَقَ الْمَكْرُوهَ يَوْمَ الثُّلاَثَاءِ وَخَلَقَ النُّورَ يَوْمَ الأَرْبِعَاءِ وَبَثَّ فِيهَا الدَّوَابَّ يَوْمَ الْخَمِيسِ وَخَلَقَ آدَمَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ بَعْدَ الْعَصْرِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فِى آخِرِ الْخَلْقِ وَفِى آخِرِ سَاعَةٍ مِنْ سَاعَاتِ الْجُمُعَةِ فِيمَا بَيْنَ الْعَصْرِ إِلَى اللَّيْلِ ». (رواه مسلم)

 

Artinya: Allah menciptakan tanah (bumi) pada hari sabtu, menciptakan gunung-gunung di atasnya pada hari ahad, menciptakan pepohonan pada hari Senin, menciptakan yang buruk-buruk pada hari Selasa, menciptakan cahaya pada hari rabu, menciptakan binatang melata padanya pada hari kamis dan menciptakan Adam AS sebagai ciptaan terakhir pada waktu terakhir hari Jum’at yaitu antara asar hingga malam hari”  (HR Muslim).

 

Dari sini dapat diketahui bahwa makhluk kuno sejenis Dino – jika benar ada – lebih dahulu dari Adam AS karena ia termasuk dalam kategori “Dabbah” (binatang melata) yang diciptakan pada hari kamis.

 

2.      Berdasarkan jawaban di atas pula dapat diketahui bahwa saat meteor jatuh memporak-porandakan bumi adalah jauh sebelum Adam diciptakan. 

3.      Zaman Dinosaurus menurut para penemunya – jika pun benar-benar ada – adalah jutaan tahun yang silam. Padahal masa hidup Nabi Adam tidak lebih dari 100.000 (seratus ribu tahun) yang lalu. Maka masa hidup Dinosaurus jauh lebih tua dari masa Adam AS.

4.      Yang namanya berita kemungkinan benar kemungkinan juga salah. Demikian juga soal Dinosaurus ini. sejumlah ilmuwan meyakini kebenarannya berdasarkan bukti penemuan ilmiah. Tetapi tidak sedikit di antara mereka – seperti Harun Yahya – menolak keberadaannya. Percaya atau tidak tidak ada masalah. Hanya saja ketika kita hendak menolak atau menyetujui sebuah karya ilmiyah maka harus menggunakan kaidah dan kajian ilmiah pula. Jika tidak, maka yang paling baik adalah diam dengan tidak memberikan komentar. Allah berfirman:

 

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا (الاسراء:36)

Artinya; “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya” (Al Isra: 36).

 

 

 

KH Syarif Rahmat RA, SQ, MA

Materi Buletin Jum’at QUM tanggal 17 Dzul Hijjah 1433 H / 2 November 2012 M

 



14 Komentar :

manfaat daun sirsak
04 November 2012 - 09:44:02 WIB

info yang sangat bermanfaat
flashdisk tidak terbaca
07 November 2012 - 12:07:08 WIB

semua yang telah dan akan terjadi ada di dalam al qur'an
Fortuner SUV Terbaik
09 November 2012 - 21:30:36 WIB

Salam terhangat kunjungan untuk mempererat hubungan baik bagi pemilik dan pengurus website super ini dan juga para pengunjung serta pembaca yang budiman. Sukses untuk Anda, kami dan kita semua. Salam super. http://goo.gl/hm5ss
game memasak
10 November 2012 - 18:46:29 WIB

baru pertama berkunjung, salam kenal ya :) http://goo.gl/RlFoc
Obat Tradisional Kanker Payudara
18 November 2012 - 23:00:23 WIB

infonya keren, update trus ya.
Info Kesehatan
20 November 2012 - 13:46:56 WIB

Informasi yang sangat menarik.
Jika ingin membaca cerita-cerita lucu silahkan kunjungi http://goo.gl/SwV5q
Obat herbal Glaukoma
02 Desember 2012 - 23:31:09 WIB

infonya bagus, update terus infonya.
Obat Tradisional Penyakit Wasir
12 Desember 2012 - 13:52:14 WIB

Info yang sangat menarik..salam kenal dari goo.gl/h3F9S
XAMthone Plus PT.UFO BKB Syariah
12 Desember 2012 - 13:57:45 WIB

subhanalloh..info yang sangat membantu nie..makasi atas infonya..salam sukses bagi semua
Tricajus
18 Desember 2012 - 00:07:16 WIB

wah makasih nih informasi yang banyak orang belum tahu!!
obat Alami Sakit Pinggang Mujarab
29 Agustus 2014 - 15:17:20 WIB

terima kasih atas infonya
Baju kaos Online
01 September 2014 - 12:02:48 WIB

selamat pagi
info yang menarik untuk di simak trimakasi gan
jangan lupa kunjung balik ya gan
Obat Herbal Stroke Paling Ampuh
04 September 2014 - 10:27:07 WIB

terimakasih atas infonya
Sarung galon boneka kodok
08 September 2014 - 09:52:46 WIB

selamat pagi
info yang menambah wawasan
terimakasih

Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 


Langganan RSS





/ /


Oktober, 2014
MSSR KJS
   1 234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 





873400

Pengunjung hari ini : 212
Total pengunjung : 212749

Hits hari ini : 880
Total Hits : 873400

Pengunjung Online: 2





Apakah Website Ummul Qura memberi manfaat informasi ?

Manfaat Sedikit
Manfaat banyak
Manfaat sedang
Tidak Memberi Manfaat

Lihat Hasil Poling







Nama :
Website :
Pesan