Sejarah

By Amiril Ahmad 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

SEJARAH SINGKAT PONDOK PESANTREN UMMUL QURA

Pondok Pesantren Ummul Qura berdiri pada tahun 1995 dengan Akte Notaris Ny. Supriyati Widodo. SH. No I tanggal 01 Maret 1994. Didirikan oleh Drs. KH. Syarif Rahmat RA. SQ, MA, yang sekaligus sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Ummul Qura dan beliau dibantu oleh dua orang ulama yaitu KH. Ismail Arifin (Alm) dan KH. Ali Yafie sebagai Penasehat Pondok Pesantren Ummul Qura. Adapun Luas tanah yang dimiliki Pondok Pesantren Ummul Qura saat ini adalah sekitar 3.500 m2.

Perkembangan Pondok Pesanetren Ummul Qura dari masa kemasa mengalami peningkatan khususnya dalam bidang pendidikan. Kehadiran Pondok Pesantren Ummul Qura dilingkungan Kelurahan Podok Cabe Ilir, berdampak yang sangat positif, terutama dalam pelayanan pada masyarakat sekitarnya. Sebagaimana yang sudah dikemukakan sebelumnya bahwa Pondok Pesantren Ummul Qura berusaha semaksimal mungkin untuk menciptakan manusia-manusia yang berkualitas, unggul, beriman bertakwa dan memiliki kepribadian yang tangguh serta memiliki kecakapan secara Profesionalisme, berwawasan kebangsaan secara global memegang teguh komitmen keislaman secara konsekuen, tidak mustahil kedepannya akan tampil insane-insan berkepribadian serta berperilaku yang baik dalam mengemban segala amanahnya. Sebagiamana hal tersebut maka Pondok Pesantren Ummul Qura akan selalu didepan dan mengedepankan sikap-sikap akhlakul karimah.

Pondok Pesantren Ummul Qura merupakan lembaga pendidikan lembaga formal dan Non Formal yang terdiri dari PAUD, TK, MI, TPA, MTs dan MA . Madrsah Tsanawiyah Ummul Qura didirikan tahun 1995 berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Barat No. Wi/I/HK.008/295/95 tertanggal 5 Desember 1995. kemudian setelah Kabupaten Tangerang menjadi wilayah Propinsi Banten maka diberikan NSM pemutihan dengan berdasarkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Banten.